Wawancara Beasiswa (Turki)

Siang ini ditemani semilir angin kota Izmir nan syahdu, saya mencoba menggali-gali kembali ingatan saya tentang wawancara beasiswa Turki beberapa bulan yang lalu. Jujur, saya bukanlah type orang yang hobi menulis tapi sekarang saya berada dalam fase di mana saya harus mulai mencintai tulis-menulis karena saya tak mau lenyap begitu saja tertelan waktu tanpa meninggalkan jejak apapun.

Bukankah kita harus senantiasa menebar kebaikan dan manfaat kepada sesama? 

Di sini saya tak akan menceritakan proses panjang yang saya lalui hingga bisa lolos beasiswa Turki karena cerita saya memperoleh beasiswa ini terlalu panjang dan dramatis..:D
Saya hanya akan memberikan gambaran ringkas mengenai wawancara beasiswa Turki kemarin.

Malam itu tepat tanggal 16 Juni 2014 saya memperoleh email keramat yang cukup mengejutkan dan setelah saya buka ternyata isinya undangan interview di Jakarta dari YTB. Di jadwal tertera tanggal interview 21 Juni 2014. Berikut screen capture emailnya.



Tepat pada hari Sabtu, 21 Juni 2014 saya menginjakkan kaki saya di Turkish embassy. Saat itu saya tiba di sana sekitar pukul 10.00 WIB. Saya tiba empat jam lebih awal dari jadwal wawancara saya karena untuk mengantisipasi segala kejadian yang tak terduga. 

Sebelum masuk ke dalam gedung kita harus melewati pos satpam terlebih dahulu di pos kita harus mengisi semacam daftar hadir dan meninggalkan barang bawaan kita di situ termasuk hp, tas dan lainnya. kita hanya diperkenankan membawa dokumen-dokumen. setelah itu pak Satpam yang baik hati akan mengantarkan kita menuju ruang tunggu untuk selanjutnya menunggu giliran wawancara. setelah cukup lama menunggu akhirnya tibalah giliran saya masuk menuju ruang interview. langkah demi langkahpun saya lalui dengan tenang dan bibir tiada henti berkomat-kamit mengucap doa agar diberi ketenangan dan kelancaran. 

Dengan mengucap Bismillah dan senyum merekah di wajah yang manis ini (haha..:D), pintu ruang interview pun saya buka. seketika saya disambut oleh tiga senyuman hangat khas Turki dari para interviewer. Saya pun di persilahkan duduk. Kemudian saya duduk dengan senyum manis yang tetap bertengger di wajah.

Berikut kurang lebih rincian wawancara saat itu :

1. Memperkenalkan diri.  Ini adalah hal yang tampak sederhana yang sering kita sepelekan. Pada saat memperkenalkan diri adalah saat yang jitu bagi pewawancara untuk menilai kita. Buat kesan pertama yang menyenangkan. Saat itu saya tidak langsung menyebutkan nama saya, tapi saya katakan pada mereka bahwa saya merasa special dan bahagia karena saya berkesempatan untuk bertemu mereka dan saya bilang juga kalau hari itu adalah kali pertama saya menginjakkan kaki disana dengan penuh pengharapan. Dan seketika mereka semua saling bertatap muka dan melempar senyum yang begitu ramah, suasana pun mulai mencair. Kemudian Saya menyebutkan nama dan saya lanjutkan dengan menceritakan tentang pengalaman dan aktivitas saya (tentunya yang memancing perhatian mereka agar tertarik untuk melirik saya..haha).
Dan mereka mulai terpancing, dengan sedikit basa-basi mereka bertanya asal saya. Saya jawab asal saya dari " Pare-kediri-East Jawa". terus mereka senyum-senyum dan berkata "ohh, Jawa Timur ". Saya hanya senyum-senyum saja saat itu. Kemudian mereka bertanya tentang beberapa aktivitas keorganisasian yang pernah saya ikuti dan tentang berbagai pengalaman saya lainnya. Mereka juga sempat bertanya kenapa saya datang jauh lebih awal dari jadwal saya, kemudian saya katakan pada mereka bahwa saya lebih baik menunggu daripada telat dan melewatkan saat emas itu.

2. Kenapa Saya Memilih Turki. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang menjebak, memang segala pilihan itu harus ada alasanny Sebab-musabab nya,  jadi disini saya berusaha untuk memberikan jawaban yang anti mainstream agak putis dengan dibumbui sedikit cerita tapi tidak terkesan alay. Jawaban saya mengalir begitu saja tanpa ada rekayasa di dalamnya. Dengan mata biru yang berbinar-binar mereka menyimak dengan penuh antusias setiap perkataan yang keluar dari mulut saya. Mereka pun sempat melempar beberapa candaan yang membuat pipi saya memerah..haha.
Kemudian satu dari mereka mulai menggoda dan menggoyahkan semangat saya. Dia bertanya dengan senyuman khasnya "yakin nih mau ke Turki? sudah taukan kalau bahasa turki itu sulit. nanti sulit lho belajar disana". 
Saya pun tersenyum ramah mendegar itu dan saya pun menjawabnya " Saya sudah tidak kaget dengan segala kesulitan kesusahan yang melanda, karena hidup saya selama ini cukup banyak dilalui dan dilewati dengan berbagai kesulitan tapi hingga detik ini saya masih mampu bertahan dengan tetap merasakan kebahagiaan di setiap detiknya. Saya yakin dan percaya bahwa segalanya akan menjadi mudah jika kita punya niat dan semangat yang tinggi." 
mendengar jawaban saya mereka kembali tersenyum renyah. Kemudian om yang paling muda berkata dengan mata birunya yang berkerlap-kerlip (salah fokus :D)," wah, tenang saja tidak sulit kok belajar di Turki, pasti mudah."

3. Kenapa Memilih Jurusan Itu. pada pertanyaan ini mereka ingin menilai apakah jurusan yang kita ambil itu sesuai dengan kita atau tidak dan mereka juga akan melihat tempat yang cocok untuk kita itu dimana pada pertanyaan ini. Berhubung saya mengambil jurusan Economics, jadi saya ceritakan saja kenapa pada akhirnya hati saya memili ekonomi dan tentang background pendidikan saya selama ini. Lalu mengenai berbagai pengalaman yang telah saya lalui bersama "economics ". Mereka juga pasti akan bertanya seputar pengetahuan umum mengenai bidang yang kita ambil. atau bahkan kadang pertanyaannya di luar dugaan. jadi, persiapkan segala kemungkinan.

4. Rencana Masa Depan Setelah lulus. Disinalah saat yang tepat untuk menceritakan tentang segala rencana-rencana gemilang yang akan kita lakukan. saat itu saya benar-benar bercerita panjang lebar tentang impian saya. tentang Tanah Air tercinta. tentang semuanya. Tentang impian besar untuk membangun Indonesia. dan berbagai impian lainnya.

5. Apakah saya sudah kuliah di Indonesia. Mereka bertanya apakah kita sudah kuliah di Indonesia, atau sudah mendaftar di Universitas di Indonesia. Lalu jurusan apa yang dipilih di Indonesia. Dan sederet pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan dunia perkuliahan.

6. Pertanyaan Seputar Jurusan atau Universitas yang kita isi di Form online. Ini berhubungan dengan form online yang kita isi saat pendaftaran. Jika kita mengisi  jurusan yang berbeda-beda pada form online maka mereka pasti akan bertanya tentang itu_bahkan jika kita mengisi sama pun juga mereka akan bertanya_.

Sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mereka tanyakan saat itu tapi beberapa poin diatas adalah intinya. Segala pertanyaan saat wawancara itu mengalir begitu saja sesuai dengan jawaban yang kita utarakan. Dan pertanyaannya tak akan jauh-jauh dari form online yang kita isikan saat mendaftar dahulu.


Di akhir wawancara mereka bertanya apakah ada yang ingin saya tanyakan pada mereka. saya pun tersenyum dan berpikir sepersekian detik kemudian tak muncul pertanyaan dari otak saya. Akhirnya dengan wajah polos dan lugu sayapun bertanya siapakah nama mereka?
Gubrakk... seketika semua tertawa bersama, dan saya pun ikut tertawa..haha
merekapun akhirnya memperkenalkan dirinya masing-masing. (karena di awal pertemuan mereka mungkin lupa tidak memperkenalkan diri). Kemudian mereka hampir bersamaan berkata "Nice to meet you.". Saya pun membalasnya sambil berdiri berjalan menuju pintu keluar. Tapi, saat pintu telah saya buka dan satu kaki saya melangkah keluar mereka menghentikan langkah saya dan mengingatkan bahwa hasilnya akan diumumkan sekitar sebulan lagi jadi saya harus rajin-rajin membuka email katanya. Setelah saya keluar dari ruang wawancara itu saya merasa seperti seorang princess yang baru keluar dari istananya..hhaha

Entahlah, saya merasa begitu nyaman dan senang di ruangan itu, bahkan saat itu saya merasa waktu berputar begitu cepat padahal masih banyak hal yang ingin saya ceritakan pada mereka.
Intinya saat itu saya sangat senang dan seperti ada keyakinan yang besar dalam hati saya bahwa saya pasti lolos. Saat itu yang terpikir oleh saya adalah berdoa dan berdoa, apapun hasilnya yang jelas saya sudah menikmati setiap prosesnya, Allah yang tahu dan berhak menentukan mana yang terbaik buat kita.


Note: 
  • Berlatihlah komunikasi dalam bahasa inggris, karena saat wawancara itu 100% menggunakan bahasa Inggris, yang mewawancarai tiga orang Turki langsung dan mereka tidak bisa berbahasa Indonesia.
  • Lihatlah kondisi dan lokasi tempat wawancara sehari sebelum jadwal wawancara, pastikan kamu sudah tahu tempatnya.
  • Datanglah lebih awal dari jam yang tertera di jadwal agar bisa lebih tenang dan konsentrasi.
  • Pelajari kembali tentang apa yang telah kita isi di form online saat mendaftar dulu, kalau perlu di print karena pertanyaan tidak akan akan melenceng jauh dari itu.
  • Tambahlah wawasan mengenai jurusan yang kita pilih, karena biasanya mereka akan bertanya seputar wawasa umum tentang jurusan itu seperti contohnya teman saya yang mengambil jurusan sastra dia ditanya tentang beberapa buku sastra, teman saya yang mengambil jurusan jurnalistik dia ditanya juga mengenai berita-berita terbaru dan hangat di kancah nasional, internasional, dan tentu berita seputar Turki. Lalu ada juga teman saya yang mengambil jurusan Ilahiyat, dia diminta untuk qira'ah, kemudian diberi beberapa pertanyaan lainnya seputar jurusan itu.
  • Bawa semua dokumen-dokumen yang kita gunakana untuk mendaftar pastikan tidak ada yang tertinggal. Sertakan juga berbagai karya yang telah dihasilkan (jika ada).
  • Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur dan tetap selalu tersenyum ramah.
  • Di depan tempat kita duduk itu ada kamera kecil yang siap merekam setiap ekspresi dan ucapan kita. Jadi, santai dan jangan tegang.
Selamat berjuang semoga sukses :)





"Merantaulah.... maka kau akan mengerti mengapa air itu mengalir..."






Komentar

  1. assalamualaikum kak...mau tanya. untuk pendaftaran turkiye burslari itu daftar ke universitas yang dituju dulu atau langsung dafar di web beasiswanya? dlu daftarnya gmn kak mohon penjelasan. trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam...
      langsung daftar di websitenya, di sana nanti kita akan di beri pilihan untuk memilih beberapa universitas yang diinginkan, kemudian untuk selanjutnya pihak ytb akan menentukan dimana kita diterima...:-)

      Hapus
  2. Asslamu'alaikum kk,
    salam kenal,, :)
    afwan kk, mau nanya, untuk aplikasi turki, achievementnya perlu di terjemah gk kk? trus klo perlu harus pake penerjemah tersumpah gk kk?
    syukran katsiran kk.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam...
      iya salam kenal juga :)
      tidak perlu di terjemahkan, bisa langsung pakai yang asli...

      Hapus
  3. wawancaranya pakai b.inggris atau indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas sudah saya jelaskan bahwa wawancara full pakai bahasa inggris kak :)

      Hapus
  4. Assalamualaikum kak, boleh nanya ga?
    itu izmir di turki bukan? itu kota atau cuma kampung sih? kok aku ga prnah dengar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam...
      kakak jeki ini mentang-mentang mau pulang ke indo jadi kayak gitu...:p

      Hapus
  5. Assalamualaikim ka mau nanya, kalo kita pas wawancara menjawab dgn b inggris yg masih terbata2 gimana?/ b.inggris nya kurang jelas/ kurang nyambung tp sbnrnya jawaban kita kalo dalam b indonesia harusnya bagus itu gimana ka? mempengaruhi banget kah untuk tidak lolos? makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam...,asal bisa dipahami oleh kedua belah pihak :)
      masih ada waktu kan buat latihan, lebih enak kalau kita bisa berbicara sesuai dengan apa yang kita mau dan bisa menyampaikan unek-unek dan dipahami oleh semuanya. ayo semangat buat mengasah dan latihan, bisa dimulai dari sekarang ;)

      Hapus
  6. Assalamualaikum kakak. Merhaba 😊
    Saya siswi asli jogja yang ingin tahu lebih banyak mengenai beasiswa turki, alhamdulilah banyak info yang saya peroleh termasuk dari senior sekolah yang telah merantau nun jauh di sana. Diatas sudah dijelaskan kalau sertifikat tidak perlu diterjemahkan begitu kak? Mengingat ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa semua dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa universal tersebut. Terima kasih kak, tesekkur ederim hehe

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum kakak. Merhaba 😊
    Saya siswi asli jogja yang ingin tahu lebih banyak mengenai beasiswa turki, alhamdulilah banyak info yang saya peroleh termasuk dari senior sekolah yang telah merantau nun jauh di sana. Diatas sudah dijelaskan kalau sertifikat tidak perlu diterjemahkan begitu kak? Mengingat ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa semua dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa universal tersebut. Terima kasih kak, tesekkur ederim hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam adek, merhaba :)
      kalau pas angkatan saya dan di bawah saya kemarin sertifikat dan piagam memang tidak diterjemahkan. tapi untuk transcript nilai dan surat rekomendasinya kita pakai English :)

      Hapus
  8. assalamualaikum kak boleh minta contact yang bisa dihubungi atau email mungkin?salam kenal:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, bisa langsung message di ig atau fb dek, nanya disini langsung juga gpp. tapi maaf slow respond :D

      Hapus
  9. assalamaualaikum mbak. mbak saya zulvan. kebetulan saya sudah translate ijazah dan transcrit di sworn translator. terus yg mana yg harus saya lampirkan. transcrip raort yg disahkan kepala ssekolah atau transcrip terjemahan yg di ijazah namun hanya nilai rata2. dan bagaimana peluangnya?

    yang kedua. di persyaratan disebutkan certificate of completion (surat kelulusan) dan certificate. nah certificate yg dimaksud ini apaan yah?? kalau yg dimaksud ijazah sudah ada penjelasan dan penyebtan coc, kalau skhun disebtkan national exam document.
    terima kasih

    BalasHapus
  10. Di depan tempat kita duduk itu ada kamera kecil yang siap merekam setiap ekspresi dan ucapan kita. Jadi, santai dan jangan tegang.

    Owh,barangkali yang kamu maksud orang yang bermain laptop pada saat di ruangan ya..?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum mbak maaf says mau nanya kalau reference letter belum dimasukin disana itu gimana ?

    BalasHapus
  12. Kak saya salah satu yg menerima invitation buat interview tahun 2016
    Saya ingin tanya kalau misalnya setelah wawancara dan dinyatakan lulus apakah Wajib untuk diambil? Dan jika tidak diambil apakah ada konsukuensiya kak?

    BalasHapus
  13. Kak saya salah satu yg menerima invitation buat interview tahun 2016
    Saya ingin tanya kalau misalnya setelah wawancara dan dinyatakan lulus apakah Wajib untuk diambil? Dan jika tidak diambil apakah ada konsukuensiya kak?

    BalasHapus
  14. Kak, kalau belum punya paspor dan KTP itu pakai ID Card sekolah bagaimana?

    BalasHapus
  15. cok guzel hikaye kak
    iyi sanslar ya kak ������

    BalasHapus
  16. kak, bisa minta contact nya nggk, sy mau nanya lebih banyak lagi soal biasiswa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung bertanya di kolom komentar sini atau lewat email hidezehra@gmail.com

      Hapus
  17. Balasan
    1. ada saya sertakan di blog ini lho fb saya.hehe
      fb saya khusnul hidayah :)

      Hapus
  18. Kak minta pin bbm,atau WA,,atau fb, aku mau nyanyain tentang beasiswa turki

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum kk, tempat wawancaranya selain jakarta dimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam :)
      biasanya di Jakarta kebanyakan dan di Aceh.

      Hapus
  20. Assalamualaikum kk, tempat wawancaranya selain jakarta dimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. Biasanya di Jakarta dan Aceh😊

      Hapus
  21. kalau bahasa turki sudah bisa itu boleh gak interviewnya pake bhs turki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sepertinya, tergantung pewawancaranya😊

      Hapus
  22. Assalamualaikum kak..
    Aku liat yg transkip nilai kk ada 2 itu transkip nilainya nilai UN, UAS atau nilai per semester gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, itu transkript nilai raport dari semester 1-6

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum ka, terima kasih info+contoh berkasnya sangat membantu. Ka saya mau tanya beberapa pertanyaan nih gapapa ka? Hehe soalnya jujur aja setiap baca ttg beasiswa ini selalu deg2an sama takut ada yg kelewat :
    1. Ka buat syarat di aplikasi nya kan ada biodata gitu terus yg riwayat pendidikan, itu kan banyak ka jenjang pendidikan nya terus kaka itu apa di isi semuanya ? Maksudnya dari jenjang SMP ? Soalnya kan sebelum high school ada kolom gitu
    2. Ka kalo misalnya di kolom nomor ID apa itu pilihan nya hanya KTP? Saya pernah baca katanya pasport juga boleh, apa bener ka ? Soalnya KTP saya belum jadi dan bingung juga soalnya kan ada kolom upload berkas nya itu sendiri
    3. Ka yg di wawancara itu kan kata kaka sendiri di tanya tentang kuliah di Indonesia, terus kalau misalnya kita udah kuliah di salah satu Univ apa itu ngurangin poin kita ?
    Sebenernya masih banyak ka pertanyaan nya tapi yg aku masih khawatir sangat ya ttg yg diatas ka, sebelumnya makasih ya ka jazakallah infonya
    Salam dari indo
    -fauzan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK