Pengalaman Kuliah di Turki (part 1)


Apa kabar Indonesia tercinta? Semoga selalu baik-baik ya di sana :)
Dengar-dengar kabar di Indonesia sekarang sedang demam drama Turki. Kita yang di Turki sini lagi demam ujian final...hehe *ups, udah lewat deh ujiannya sekarang masa liburan. Udah mau habis malah liburan winternya.

Saya kuliah di Kota Izmir tepatnya di Ege University Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Alhamdulillah di sini dapat dosen, teman dan lingkungan belajar yang mendukung. Nah, kuliah di sini tentunya sedikit berbeda dengan di Indonesia apalagi jika menggunakan bahasa Pengantarnya Turki. Tapi, jangan kuatir kuliah di luar negeri itu menyenangkan, penuh tantangan dan pastinya siap-siap jadi pusat perhatian kalau kuliah di luar negeri.
Semester pertama ada 9 mata kuliah yang wajib saya ambil, yaitu :
  1. Introduction to microeconomics
  2. Introduction to business
  3. Foreign Language
  4. Turk Dili (Bahasa Turki)
  5. Ataturk ilkeleri ve inkilap tarihi (sejarah)
  6. Matematik (matematika)
  7. Hukukun temel kavramlari (konsep dasar hukum)
  8. Iktisat, toplum ve uygarlik (Ekonomi, masyarakat dan peradaban)
  9. Universite yasamina gecis (Transisi kehidupan kampus)
Dari 9 mata kuliah ini 3 diantaranya menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris sedangkan sisanya bahasa turki, tapi dalam prakteknya pelajaran yang menggunakan bahasa inggris-pun kadang dijelaskan dengan bahasa turki. Untuk kita mahasiswa asing yang belajar bahasa turki hanya 9 bulan kemudian mengikuti kegiatan perkuliahan dalam bahasa turki tentu cukup berat, butuh belajar dan usaha ekstra serta pantang menyerah apalagi putus asa, sudah mampu melangkah sejauh ini sampai tiba di Turki pasti juga bisa melewati dunia perkuliahan. Saya dan teman sekamar saya, we study like crazy..haha. Kita belajar sampai larut malam bisa dibilang sampai pagi. Kita menikmati ini semua, sepertinya belajar sudah menjadi hobi baru kita. Iya, kita benar-benar merasakan menjadi pelajar yang sesungguhnya di sini, dulu saat di indonesia kita jarang belajar. 

Turki merupakan negara 4 musim jadi satu semester perkuliahan itu hanya 4 bulan. Libur winter satu bulan dan libur summer 3 bulan. Semester pertama kuliah di warnai rasa deg-degan, seneng, sedih, takut, speechless, campur aduk pokoknya. Setelah masuk kurang lebih satu setengah bulan kita akan berhadapan dengan ujian tengah semester kemudian dua bulan berikutnya kita dihadapkan pada ujian final.

Ujian tengah semester berjalan dengan cukup mulus, biarpun ada satu mata pelajaran yang mendapatkan nilai di bawah standar. Hal ini cukup membuat teman-teman Turki terkagum-kagum, tentu saja mereka terkagum-kagum dan heran secara bahasa turki saya masih belepotan gini terus bisa lulus ujian midterm(tidak tahu saja mereka bagaimana saya belajar...hoho). Teman-teman turki saya itu suka kepo, termasuk soal nilai yang saya dapatkan. padahal, saya itu tidak suka mengekspos nilai yang saya dapatkan tapi mereka selalu memaksa dan mengatakan nilai mereka duluan. Tapi, mereka juga menyenangkan dan perhatian banget sih.

Midterm berlangsung cukup menegangkan tapi juga menyenangkan. Ada beberapa dosen yang sampai memuji saya di kelas karena saya mendapatkan nilai tertinggi di mata kuliah yang mereka ajar tapi, ini membuat saya jadi malu dan terbang. Sadar, tidak boleh terlalu terlena agar tidak sombong dan lupa diri akhirnya berusaha move on dari hasil midterm dan berusaha lebih keras lagi untuk final. karena jujur saya kuatir pada pelajaran 'hukuk' dan 'matematik' yang keduanya menggunakan bahasa turki dan dosennya kalau buat soal selalu panjang dan butuh pemahaman mendalam. Orang Turki aja juga bilang kalau susah.

Menjelang Final teman-teman Turki mulai berdatangan untuk meminta diajari 3 mata kuliah yang memakai bahasa inggris itu, tapi mereka meminta saya untuk menerangkannya dalam bahasa turki. Bahkan kita sampai berdiskusi hingga larut malam lewat WA. tentu saja saya senang bisa membantu mereka tapi tak jarang saya juga bingung, dengan kemampuan bahasa turki yang masih ala kadarnya agak sulit menjelaskan beberapa materi ke mereka. apalagi kalau harus menjelaskan tentang istilah bisnis dan ekonomi dalam bahasa turki. Tapi saya tetap berusaha semampu saya. Bahkan saya jadi sering buka-buka kamus Turki, kadang saya juga mencampur english-turkish dan kadang saat saya memulai membuka pembicaraan mereka juga suka tertawa-tawa karena penjelasan saya yang menggunakan bahasa turki dengan grammar terbolak-balik. Hal ini cukup seru dan menantang.

Memasuki minggu final, membuat saya harus belajar lebih keras lagi tapi, sekali lagi saya katakan saya menikmati fase ini (saya itu orangnya aneh dari SD sampai sekarang paling suka sama minggu ujian). sebenarnya saya juga takut dengan pelajaran sejarah (secara ini berhubungan dengan sejarah turki dan seluk beluknya yang kita belum pernah pelajari) dan beberapa pelajaran lain. Untung sekali saya punya teman-teman baik yang mau memberikan catatan ringkasan materinya kepada saya. Mungkin karena wajah saya yang polos dan suka senyum khas orang Indonesia makanya dosen dan teman-teman menyayangi saya (ini GR banget :D). 

Setelah ujian final. selanjutnya kita menunggu hasilnya apakah kita lulus atau harus ikut remidial, tapi saat itu saya terus berdoa dan berpikiran positif bahwa saya akan lulus dan tidak ikut remidial. biarpun pengumuman hasil ujian belum keluar, teman-teman turki se gank saya (cieh gaya udah punya gank :D) mengajak untuk kumpul dan makan bareng dalam rangka refreshing sehabis final. 

Sambil menunggu hasil ujian, saya pun pergi ke luar kota sejenak untuk mendinginkan pikiran dan refreshing sekalian bermain-main salju. Dan saat yang di tunggu-tunggu pun tiba, semua hasil ujian satu persatu keluar. Alhamdulillah saya lulus tanpa remidial, hari-hari berat semester satu yang penuh drama dan air mata telah terlewati. (padahal sempat geleng-geleng mau pulang aja ke Indo pas masuk hari pertama kuliah, cerita hari pertama kuliah klik disini)

Please jangan tanyakan IP kepada kami itu ranah yang sensitif, kalau kata teman-teman Indonesia yang pernah kuliah S1 di Indonesia kemudian lanjut S1 di sini mereka bilang di Indonesia Ip mereka lebih tinggi daripada pas disini karena pakai bahasa sendiri. Tapi enaknya disini kuliah itu tidak mendapat banyak tugas.

Lulus final tanpa remidial untuk mahasiswa yang kuliah S1 pakai bahasa turki itu sudah cukup membuat kami senang (biarpun sebenarnya tetep ngarep ip tinggi :D). Lulus tanpa remidial menjadi hal yang membahagiakan karena banyak dari teman-teman Turki yang harus mengikuti remidial bahkan kadang mereka harus mengambil kembali mata kuliah itu karena tidak lulus. tapi tenang saja, sebenarnya tetap bisa kok dapat ip tinggi di sini asal kitanya rajin dan telaten. 

Memang benar usaha tidak pernah menghianati hasil, nikmati saja segala prosesnya, lakukan yang terbaik, terus yakin dan percaya kemudian waktu akan menjawabnya. Dan jangan pernah meragukan kekuatan doa orangtua. Doa mereka itu "miracle". Saya bisa seperti sekarang juga karena doa orangtua :)

Sekarang saatnya menyiapkan hati, pikiran, jiwa, raga untuk menghadapi semester berikutnya. Harus lebih teratur dan giat lagi belajarnya, lebih dikencengin doanya. Semoga mendapat hasil yang lebih baik dan lulus tanpa remidial biar bisa pulang kampung dengan bahagia ke Indonesia, summer holiday mau mudik. See you soon Indonesia, love you, seni seviyorum :)

*pengalaman kuliah di Turki part 2 klik di sini

Komentar

  1. iya demam drama turki, saya penggemar cinta elif..wkwkkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, benar-benar drama Turki lagi hits ya di Indonesia :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Hihi ketemu penggemar Cinta Elif di sini. Mba Khusnul makasih buat tulisannya yaaa, membantu banget nih

      Hapus
  2. mbak itu S1 di indo lalu S1 di turki lagi bagaimana maksudnya? hehe semoga bisa nyusul seperti mbak disana ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi sempat kuliah S1 di Indo dulu sebelum akhirnya lolos Ke Turki, kemudian quit yang di Indo lanjut di Turki gitu maksudnya :D
      iya kita tunggu ya di sini :)

      Hapus
  3. assalamu'alaikum. senang juga baca tulisannya, sepertinya yang nulis orangnya memang supel. jadi kita yang baca juga bisa nikmati tulisannya. pas baca kalo jurusan yang di ambil masih ada aroma ekonominya (ga hanya masakan kan yang punya aroma), saya pun tergelitik untuk bertanya. begini intinya.....
    adek saya sekarang lagi kelas 6 di salah satu ponpes. keinginannya setelah tamat langsung kuliah, terus saya coba cari jurusan yang cocok untuknya dan terpilihlah jurusan Perdangan Internasional. terus biar makin cocok dgn praktik, terliriklah negara Turki. karena sekarang turki termasuk negara yang cukup tinggi pertumbuhan ekonominya. selain itu informasi bahwa pasar terbesar di dunia yaitu Grand Bazaar sepertinya juga bisa menjadi bukti nyata betapa tingginya perputaran uang di negeri ini. ringkasnya banyak alasan yang membuat saya ingin mengarahkan adek saya nanti melanjutkan sekolahnya ke Turki. tapi yang menjadi kendala, setelah tamat dia harus mengabdi dulu selama setahun. jadi... ya gitu deh. ga bisa ikut tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. wah, terimakasih sudah mau mampir baca tulisan saya... sebenarnya saya itu nggak suka nulis karena tau diri nggak bisa nulis yang kece-kece gitu tapi pengen banget jadi orang yang suka nulis dan ngeshare pengalaman ke orang-orang jadilah nulis sambil ngebayangin kalau lagi jadi bintang tamu di acara tv show gitu ..haha*apasih ini :D
      saya dulu setelah lulus dari SMA juga tidak langsung ngambil kuliah di Turki kok, jadi setahun kemudian saya baru ngedaftar ke Turki soalnya dulu tahunya telat. asalkan umurnya masih memenuhi persyaratan tidak masalah mau kesininya kapan. eh, iya sebaiknya coba kakak diskusikan dulu dengan adeknya apakah yang bersangkutan bersedia kuliah di Turki dengan jurusan yang kakak arahkan karena yang akan menjalani semua kan si adek. kuliah di sini harus beneran mantep lahir batin biar nggak putus ditengah jalan:)
      goodluck buat adeknya :)

      Hapus
  4. assalamu'alaikum, kak ditunggu nih tulisan2 nya. kereeen hhe banyak informasi dan doakan pengen S2 Geography Education disana huhu. :)
    ikut program beasiswa atau apa kak bisa kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam... terimakasih sudah mampir :)
      iya program scholarships

      Hapus
  5. Assalamualaikum Kak
    Kak aku seneng banget baca tulisan kakak. Soalnya aku pengen kaya kakak kuliah s1 di turki dan jurusannya ekonomi.
    Kak boleh tahu gak apa aja tips nya biar bisa lulus beasiswa s1 jurusan ekonomi ke turki?
    Terimakasih Kak😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam dek, terimakasih sudah membaca :)
      apa ya tipsnya...haha, berani mencoba setiap kesempatan yang ada sih dan jujur dalam proses pendaftaran beasiswa. terus nyantai pas wawancara,yakinin panitia penyeleksi kalau kita emang pantas untuk lulus dijurusan yang kita mau. jangan sombong juga pas wawancaranya. coba baca postingan tentang beasiswa dan wawancara udah pernah aku tulis ya :)

      Hapus
  6. Aemangat kak . sesungguhnya dalam kesluitan ada kemudahan , :)
    by the way, kak terima kasih buat semua informasi di trukinya. sehingga bisa memberikan motivasi kepada saya dan teman2 semua.
    salam pare :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... terimakasih ya..iya ini berusaha buat semangat walaupun kadang nyesek, tapi tetep asiik sih :D
      wah, sama-sama senang kalau bisa memotivasi sesama :)

      Hapus
  7. Kak, waktu kursus bahasa turki 9 bulan, biaya hidupnya udah ditanggung beasiswa atau biaya sendiri dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kursus bahasa itu masuk beasiswa, bisa baca di postingan tentang beasiswa di blog ini pernah saya tulis :)

      Hapus
  8. by the way, kemarin translate nilai raport sendiri atau yg di terjemahan tersumpah?
    soalnya bedanya kalo raport sendiri kan tiap semester di sebutkan,kalau terjemahan tersupah rata2nya doang kak? bagaimna? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya, translate transcript raport di sekolah jadi stempel sekolah sama ttd kepsek gitu. bisa coba di cek di postingan tentang beasiswa ya, pernah saya tulis di blog ini kok beserta contoh format transkripnya juga saya upload.

      Hapus
  9. ia saya sudah dapat kak. namun yang baik yang mana. transcript dr tersumpah atau translate raportan yang detail enjelasana tiap semester?sementara ijazah hanya nilai rata2? yg mna kak.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh transcript seperti yang saya upload ya. btw transcript nggak diterjemahin ditersumpah cukup minta sekolah. kalau ijazah baru di yang tersumpah kalau saya dulu gitu sih. di kolom pendaftaran itu ada bagian ijazah sendiri ada juga kolom buat transcript sendiri*ini di tahun saya dulu. coba yang sekarang langsung baca di application guide nya :)

      Hapus
  10. Teman satunya kak Naelil y mbak? :D

    BalasHapus
  11. ~ Turkiye Burslari Scholarship 2016-2017 Bachelor Application's Guide ~
    ~ Buku Panduan Pendaftaran S1 Beasiswa Turkiye Burslari 2016-2017 ~

    Silahkan di download di Link Berikut :
    http://www.mediafire.com/download/cqvddja6fxfem6a/Panduan_Pendaftaran_Beasiswa_Turkiye_Burslari_Tahun_Ajaran_2016-2017.pdf

    atau di sini https://drive.google.com/file/d/0BxhVod7JwKC4Ynl2c1pESjgyemM/view?usp=sharing

    Bantu share juga ke teman teman lainnya

    BalasHapus
  12. Kak, berarti bahasa pengantar nya ege university sesuai jurusan yang diambil ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. İya, ada yg full turkish ada yg bilingual english turkish gitu. Tapi,kalau kuliah di Turki rata" tahun pertama akan ikut turkish preparation class, biar bisa bahasa Turki.saya start bahasa turki dari zero lho, kita kebanyakan gitu😆😆

      Hapus
    2. jadi awalnya kakak gabisa sama sekali kan bahasa turki? tp setelah ikut preparation lelas selama 8 bulan kakak udah dpt C1?

      Hapus
    3. iya benar sekali, saya mulai semuanya dari nol. eh, belajar bahasa turki 9 bulan waktu itu.

      Hapus
  13. doain kita ya kak semoga bisa kuliah do turkiye....

    ☺☺☺

    BalasHapus
  14. Assalammu'alaikum kak. Saya mau nanya nih, saya kan identitasnya mau pake akta kelahiran nah ini wajib di translate gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam :)
      tidak perlu ditranslate identitasnya.

      Hapus
  15. Assalamualaikum
    Saya menghaturkan terima kasih telah berbagi pengalaman kuliah di Turki, jujur Turki adalah negara favorit saya karena historis dan kultur nya yang mengagumkan. Saya telah lulus S1 berniat melanjutkan studi S2. Hal yang saya ingin tanyakan untuk tahun ini apakah ada beasiswa di Turki unk Mahasiswa asing?
    Kedua, apa ada kampus yang memakai bahsa pengantar bahasa Arab, jujur saya tidak terlalu bisa bahasa Inggris?
    Terima kasih.

    A

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam :)
      sama-sama saya juga senang bisa berbagi cerita. sejauh ini setiap tahun selalu ada beasiswa dari pemeerintah Turki untuk mahasiswa asing. biasanya beasiswa dibuka sekitar bulan januari atau februari.
      kebanyakn kampus menggunakan bahasa pengantar bahasa Turki, di beberapa kampus jurusan ilahiyat menggunakan bahasa pengantar bilingual antara bahasa Turki dan bahasa arab.

      Hapus
  16. Hehe saya juga sempat kena demam turki, suka elif tapi gak ngikutin season 3-nya

    Izin numpang lapak ya kak.

    Kami mendidik anda untuk memperoleh IELTS 7.5 & menjamin anda akan mendapatkan beasiswa 100% di luar negeri. 3000+ alumni kami sejak 1996, bersekolah di 4 benua. JAMINAN UANG KEMBALI! Untuk test institusional IELTS gratis & info beasiswa, contact: 0813 1663 4102

    BalasHapus
  17. Halo, Kalo di univ ege untuk s2 ekonomi bisnisnya ada tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, ada kok jurusan Bisnis di Ege univ. isletme bahasa turkinya... :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK