Ramadhan di Izmir (Turki) dan Warung Makan

                                             
                          
Marhaban Yaa Ramadhan…., Alhamdulillah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. wah, tidak terasa sudah bulan ramadhan lagi, waktu berputar cepat ternyata dan kali ini adalah Ramadhan kedua saya di Turki. Di tempat saya  ini puasa dimulai dari pukul 03.50 – 20.40, iya kita buka puasanya jam 20.40. Kalau di Indonesia buka puasa sekitar jam 18.00, jam segitu di sini masih terang benderang mataharinya. Bulan puasa kali ini kebetulan bertepatan dengan Ujian akhir semester dan musim panas di mana suhu mencapai 32 derajat celcius.

Bagaimana sih rasanya puasa di Negeri orang? Rasanya tuh nano-nano, tapi tetep asik. Biarpun di Turki mayoritas penduduknya muslim tapi nuansa Ramadhan tidak begitu terasa di kota Izmir tempat saya tinggal ini, mungkin karena Izmir adalah kota ‘spesial’ dan konon merupakan kota tersekuler di turki. Di Izmir ini lebih ke nuansa Eropa biarpun terletak di benua Asia. 

Hari pertama saya masuk ujian final di bulan Ramadhan dibuat kaget oleh keadaan di sekitar. Saya kira dulu di Izmir kalau Ramadhan kafe-kafe dan kantin kampus akan sepi. Tapi, malah makin rame karena ujian. Jadi, para mahasiswa pada belajar sambil sekedar minum teh dan kopi andalan Turki. orang berlalu lalang dengan santainya sambil makan dan minum. Udah Ramadhan tahun kedua di sini tapi baru sadar kalau di Izmir begini*gubrak_kemana aja hida selama ini-_-

Kemarin sempat sedih dengar berita di Indonesia tentang razia warung makan pinggir jalan  sampai barang dagangannya disita tanpa diganti. katanya sih untuk 'melindungi dan toleransi' buat yang puasa, ya Allah emang selemah itukah iman umat muslim sampai harus dirazia gitu tempat makan yang buka siang hari. Nah, warung makan yang buka siang hari kan ditujukan buat yang nggak puasa, kalau memang maksudnya untuk toleransi mungkin lebih baik kalau cuman diingatkan agar warungnya dipasang tirai penutup agar tidak mencolok gitu misalnya. sepertinya harus belajar dari Izmir nih, disini yang puasanya 17 jam aja nggak masalah tempat makan buka dimana-mana. malah dengan begini bisa menambah tingkat keimanan kita sebagai umat muslim, bisa kuat nggak menghadapi godaan makanan ini. hehehe... salam perdamaian :D

Dengan segala plus minusnya kota Izmir tetap menjadi kota yang nyaman, ramah dan menyenangkan untuk para pelajar. Orang-orang di sini baik-baik dan suka menolong, selain itu biaya hidup di izmir juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya.

Hayırlı Ramazan...:)
               

               


                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK