Tips Memilih Jurusan Kuliah

www.pedidikanindonesia.com

Masa SMA adalah masa yang indah. Mungkin kalimat ini akan menjadi kebalikan bagi anak SMA yang duduk dibangku kelas 12, pasalnya mereka akan dibuat galau berkepanjangan siang malam karena bingung memilih jurusan kuliah. Bahkan beberapa dari mereka setelah masuk kuliah kemudian berkata “ Duh, aku salah milih jurusan nih…hiksss”. Saya dulu juga bisa dibilang korban dari kegalauan memilih jurusan dan universitas, makanya sekarang saya ingin berbagi info ini agar  kalian tidak merasakan kegalauan seperti saya duluJ. Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada kalian, sudahi galau berkepanjangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah.
1.    Minat dan Bakat
Perkuliahan akan dilaksanakan selama kurang lebih 4 tahun jadi memilih jurusan kuliah harus mempertimbangkan minat dan bakat agar kalian enjoy menjalaninya dan tidak keteteran. Jangan lupa minat itu biasanya berhubungan dengan kenyamanan kalian, nyaman itu ketika kalian melakukan sesuatu hal selama berjam-jam dan lama tapi terasa begitu sebentar dan tidak membosankan. Nah, dari sini coba mulai uraikan satu persatu minat dan bakat yang kalian miliki dan kemudian sesuaikan dengan jurusan kuliah yang tersedia.
2.      Hobi
Selain minat dan bakat hobi pun bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Jika hobi sejalan dengan jurusan kuliah yang kalian pilih maka bukannya tidak mungkin kalian akan meraih prestasi cemerlang di jurusan itu dan pastinya hari-hari yang kalian lalui selama masa perkuliahan akan terasa mengasyikkan.
3.      Cita-cita
Memilih jurusan kuliah akan lebih mudah jika kalian telah memiliki cita-cita yang jelas. Kalian tinggal menyesuaikan cita-cita yang kalian inginkan dengan jurusan yang ada. Misal kalian ingin menjadi architect kalian bisa langsung memilih jurusan architecture.
4.      Kemampuan
Kemampuan yang di maksud di sini adalah kemampuan diri dan financial. Pilihlah jurusan kuliah yang nantinya kalian benar-benar mampu menjalaninya dengan sepenuh hati. Jangan sampai pikirannya mampu tapi hatinya tidak ataupun sebaliknya dan jangan memaksakan. Hal yang tak kalah penting adalah masalah financial. Terkadang beberapa calon mahasiswa baru mundur karena persoalan biaya. Tapi, persoalan biaya jangan terlalu dibuat ribet. Sekarang sudah banyak beasiswa yang tersedia, asal ada niatan yang kuat dan usaha pasti bisa.
5.      Lakukan research kecil-kecilan
Research kecil-kecilan ini bertujuan untuk memantapkan pilihan. Jadi setelah kalian mengetahui apa keinginan kalian maka lakukan penelitian atau bisa juga kita bilang stalking. Stalking ke jurusan yang akan kalian pilih. Mulailah untuk mencari-cari informasi mengenai berbagai jurusan perkuliahan yang ada di berbagai universitas dan carilah dari berbagai sumber. Siapa tahu ada jurusan kuliah yang sebenarnya menarik dan cocok untuk kalian tapi kalian belum mengetahui atau mengenalnya. Jangan lupa untuk mencari info mengenai berbagai jalur masuk yang tersedia di jurusan dan universitas yang akan di tuju beserta daya tampung dan tingkat persaingan yang ada.
6.      Plan B
Setelah pilihan ada di tangan selanjutnya lakukan plan B. Buat beberapa rencana kalau seandainya tidak di jurusan yang ada di plan utama, mau ke jurusan apa dan di universitas mana, buatlah beberapa pilihan alternative yang tetap sesuai dengan dunia kamu dan jangan memilih jurusan kuliah karena gengsi tapi pilihlah dengan kejujuran. Perhatikan juga mengenai daya tampung dan tingkat persaingan yang ada.
7.      Diskusikan
plan utama dan alternative plan sudah di tangan lanjutkan dengan berdiskusi dengan orang-orang yang kalian percaya. Jangan lupa diskusikan dengan keluarga, uraikan dan jelaskan tentang pilihan kalian dan mintalah pendapat, saran serta restu mereka. Kalian bisa juga mendiskusikan hal ini dengan guru atau sahabat terdekat atau bisa juga dengan kakak kelas yang telah memasuki dunia perkuliahan.
8.      Usahakan maksimal
Setelah semua rencana ada di tangan dan hati sudah mantap. Hal selanjutnya adalah berusaha semaksimal mungkin. Belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan menyerah. Sejak dini mulai belajar dan latihan mengerjakan soal-soal ujian masuk universitas, kerjakan soalnya pahami materinya. Buat diri terbiasa dengan berbagai soal ujian masuk universitas. Biarpun ada jalur masuk universitas yang tanpa tes tapi kalian harus tetap latihan berbagai soal, harus tetap mempersiapkan berbagai kemungkinan untuk menghindari kekecewaan. Tidak ada ruginya mempelajari latihan soal tes masuk, kalau ternyata lolos ke universitas jalur tanpa tes berarti itu adalah bonus plus, tapi kalau tidak maka kalian tidak akan kecewa terlalu dalam, kalian bisa langsung siap untuk mendaftar ke jalur tes berikutnya karena kalian sudah siap dengan berbagai latihan tadi. Coba dan ikuti berbagai jalur masuk yang disediakan oleh jurusan dan universitas yang akan kalian tuju sampai berhasil.
9.      Doa
Hal yang terpenting berikutnya adalah doa. Kita tidak bisa meremehkan kekuatan doa, kekuatan doa itu luar biasa. Setelah melakukan berbagai rencana dan berusaha semaksimal mungkin serahkan semua urusan pada Yang Kuasa. Berdoalah, minta juga doa kepada orang tua, keluarga besar dan semua orang. Berdoalah dan perbanyak amal kebaikan, selanjutnya Sang Pencipta akan menunjukkan jalan yang terbaik untuk kita.

Kalau sudah melakukan berbagai hal diatas namun belum membuahkan hasil yang diinginkan maka jangan menyerah. Nikmati segala prosesnya, tetap berusaha tanpa lelah. Akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK