Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK

 


Merhaba Arkadaşlar… 

Iya benar ini bukan prank, seperti judulnya pengajuan penyetaraan Ijazah saya pada KEMENRISTEKDIKTI DITOLAK (sekarang pengajuan penyetaraan lewat KEMENDIKBUD). Mungkin di sini ada dari teman-teman yang pengajuan penyetaraan ijazahnya juga ditolak atau ditunda? Hal ini bisa jadi karena dokumen yang diupload kurang lengkap atau sejenisnya, yang jelas pihak yang bersangkutan akan memberitahukan hal ini secara mendetail lewat email.

Jadi sebelum mendapatkan penolakan, saya lebih dahulu mendapatkan email pemberitahuan bahwa poses penyetaraan ijazah saya ditunda karena saya harus mengupload ijazah yang ada tanda tangan Rektor dan Dekan. Saya diminta untuk login kembali ke sistem dan memperbaiki hal ini.


Di sini sebenarnya saya sudah melampirkan Ijazah yang ada tanda tangan Rektor dan Dekannya hanya saja Ijazah kami sudah menggunakan sistem e-imzalı/e-signature/tanda tangan elektronik. (Mungkin maksudnya mereka menginginkan Ijazah yang ada tanda tangan basahnya_????_) Tapi sekarang e-signature kan sudah menjadi hal yang lumrah.

Kemudian saya membalas email mereka dengan memberikan penjelasan bahwa Ijazah yang saya upload sudah memiliki tanda tangan Rektor dan Dekan dengan model e-signature. Langkah selanjutnya setelah memberi penjelasan lewat email saya mengupload kembali ijazah saya yang asli.

Akhirnya, apa yang terjadi?

Pada sistem tertulis jika pengajuan Penyetaraan Ijazah saya DITOLAK dengan alasan “berkas sudah 2 kali masuk ke penilai tanpa memenuhi dokumen yang diminta yaitu scan ijasah yang ditandatangani rektor dan dekan (catatan : yang dilampirkan tidak ada tanda tangannya)”.

Di sini saya cukup kesal sih, tapi kemudian saya memutar otak dan mencari cara. Saya tidak mau menyerah begitu saja karena memang jelas-jelas Ijazah saya sudah ada tanda tangannya walaupun berupa e-signature tapi itu sah_mungkin memang di Indonesia belum lumrah menggunakan e-signature. Akhirnya saya punya ide untuk mengisi ulang form pendaftaran dari awal a.k.a kembali mendaftar dari awal sehingga saya mendapatkan nomor registrasi baru. Kemudian pada kolom Ijazah yang diupload saya scan Ijazah saya bagian depan yang ada e-signature dari Rektor dan Dekan serta bagian belakang yang ada tanda tangan dan Cap basah dari Kementerian Pendidikan Turki, kementerian Luar Negeri Turki dan juga KBRI Ankara. FYI sebelumnya saya sempat mengesahkan Ijazah saya di Kemendik Turki, Kemenlu Turki dan KBRI Ankara sehingga ada tanda tangan dan Cap basah dari mereka di bagian belakang Ijazah.

Kemudian Alhamdulillah pada percobaan kedua lancar jaya sehingga penyetaraan ijazah saya diterima.

Saya mengajukan penyetaraan ijazah yang kedua pada tanggal 25 September 2019 kemudian diterima dan SK Penyetaraan Ijazah saya terbit pada tanggal 16 Oktober 2019.

Berikut kronologi lengkap proses penyetaraan ijazah saya:

20/09/2019 Mengajukan program studi

23/09/2019 Usulan program studi diterima

23/09/2019 Mengajukan penyetaraan Ijazah

23/09/2019 Penundaan proses penyetaraan Ijazah

23/09/2019 Penyetaraan Ijazah ditolak

25/09/2019 Mengajukan Penyetaraan Ijazah dari awal/mengisi form pengajuan dari awal dan mengupload dokumen dari awal

30/09/2019 Data saya diproses

09/10/2019 SK Penyetaraan Ijazah saya menunggu dicetak

14/10/2019 SK Penyetaraan Ijazah menunggu ditanda tangani

16/10/2019 SK Penyetaraan Ijazah Siap diambil

05/12/2019 Saya meminta bantuan teman untuk mengambilkan SK penyetaraan ijazah

Sebetulnya sampai hari ini saya belum pernah menggunakan SK penyetaraan ijazah ini, waktu itu saya segera menyetarakannya in case kalau dibutuhkan sewaktu-waktu tidak kebingungan.

Untuk detail langkah-langkah yang saya lakukan dalam proses penyetaraan Ijzah ini bisa dilihat DI SINI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab