Wajib Militer di Turki



marmaragundem.org
Sering menonton drama korea? pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Wajib Militer atau wamil. Nah, Wamil ini juga diwajibkan bagi laki-laki di Turki lho! 
Awalnya saya tidak tahu kalau Wamil ini ada juga di Turki sampai akhirnya salah seorang teman bercerita kepada saya mengenai wamil ini. Jadi, bagi laki-laki Turki yang sudah memasuki usia 21 tahun keatas wajib menjalankan wajib militer. Wamil ini bertujuan untuk mengajari warga negara dalam mempertahankan kemerdekaan negara dan melindungi segala ancaman yang menyerang kedaulatan negara.
Laki-laki Turki yang sudah lulus sekolah dan memasuki usia 21 tahun diharuskan mengikuti wajib militer selama 12 bulan. Ada pengecualian buat mereka yang setelah lulus SMA melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya maka wajib militer ini bisa ditunda sampai masa dia lulus kuliah. Bagi mereka yang kabur atau mangkir dari wamil ini akan dikenakan denda kurang lebih sebesar 6.000 euro (kayaknya udah lebih mahal deh sekarang). 

Nah, yang unik sebelum berangkat menjalankan wajib militer keluarga mereka akan melakukan iring-iringan semacam konvoi ramai-ramai untuk melepas anak mereka pergi wamil. Konvoi ini biasanya ramai dan heboh sendiri. setelah menjalankan wamil maka mereka akan memperoleh sertifikat bahwa mereka telah menjalankan wamil dan sertifikat ini sangat berguna di Turki misalkan saja untuk melamar pekerjaan atau melamar anak gadis orang :D


Komentar

  1. Assalamualikum kak!
    Wah, kyknya sy udh termasuk salah satu org yg terinspirasi dri tulisan2 kakak di sni! Hihi
    Ohiya kak, aku mau kepoin kakak tntg beasiswa Turki boleh ya? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam,
      Wah, senangnya kalau tulisan receh saya bisa menginspirasi. Hehe, silakan kepoin, bisa dibaca baca dulu juga. Saya sudah menulis beberapa hal tentang beasiswa Turki di blog ini😊

      Hapus
  2. Bahasa turkinya wajib militer apa ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK