Lolos Erasmus+ ke Eropa (Republik Ceko)

sumber : hidakhus
Dari judulnya sudah jelaskan, iya pada akhirnya saya memutuskan untuk ikut kembali mendaftar program ini pada tahun berikutnya. Tahun pertama kuliah saya sudah mencoba mendaftar ceritanya ada di postingan berjudul (Gagal) Pertukaran Pelajar Erasmus+ ke Itali dan Jerman

Awalnya saya berpikir panjang apakah saya akan kembali mendaftar dengan konsekuensi mungkin saya akan kecewa lagi. Tapi setelah melihat list daftar universitas beserta negara dan kuota yang tersedia untuk jurusan saya ada hal baru yang saya temukan. Saya menemukan satu list nama universitas yang tidak ada pada tahun lalu technical university of Liberec yang ada di Republic Ceko. Langsung terbesit di pikiran saya this is my destiny:D

Setelah sempat memeriksa syarat bahasa dan mata kuliah yang tersedia di sana, saya langsung bismillah positif menuliskannya di pilihan pertama di formulir pendaftaran saya. Tahap tes tulis sudah saya lalui dan lolos berlanjut ke tahap wawancara di sini saya bertemu kembali dengan coordinator Erasmus+ jurusan, rupanya beliau masih ingat betul dengan saya. Kami pun sempat bercerita kecil dan tertawa bersama saat proses wawancara, kurang lebih waktu itu ada 5 orang yang mewawancarai saya. Saya sempat ditanya kenapa pada akhirnya saya memilih Republik Ceko, dengan tersenyum saya jelaskan sedikit A, B, C kemudian diakhir kalimat saya bilang sepertinya ini tuh my destiny deh, kita berjodoh, langsung semuanya ketawa. Well, saya sempat ditanya juga pertanyaan tentang Ceko yang saya tidak tahu, tapi tetap saya tenang waktu itu.

Beberapa minggu setelah itu hasilnya keluar dan Alhamdulillah saya lolos dipilihan pertama dan saya mendapatkan hak untuk pergi kesana selama dua semester. Tetapi karena salah satu syarat untuk mengajukan visa Republik ceko adalah SKCK (buat di Turki dan Indonesia)_yang ini artinya saya harus pulang dulu ke Indonesia dan mengurus SKCK yang prosesnya cukup panjang maka saya membuat surat pernyataan bahwa saya hanya akan pergi satu semester saja, selain soal SKCK ada banyak pertimbangan juga sampai akhirnya saya mantap untuk pergi pada Spring semester saja. Soal pengurusan SKCK saya sudah sempat memposting DI SINI.


x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK