Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Merhaba Arkadaşlar… Hallo sobat ambyar…. 

Kali ini saya mau sharing tentang proses penyetaraan ijazah luar negeri, ini semua murni berdasarkan pengalaman pribadi. Saya menyetarakan Ijazah pada bulan September 2019 melalui KEMENRISTEKDIKTI via online pada link http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/

tetapi barusan saya cek ternyata sekarang dipindah ke KEMENDIKBUD pada link https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

Persyaratan Penyetaran Ijazah bisa dilihat pada poster dibawah ini:

sumber: https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/tata-cara.html




Sumber: https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/tata-cara.html

  1. Di Turki (Jika kalian bukan dari lulusan Turki bisa skip saja part ini tapi kalau mau baca juga boleh siapa tahu bermanfaat)

Pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri terdapat syarat berikut “ Perguruan tinggi dan/atau program studi yang belum terdaftar pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri wajib melampirkan bukti akreditasi atau bukti pengakuan terhadap perguruan tinggi dan/atau program studi tersebut dari pemerintah setempat atau surat keterangan dari Kantor Perwakilan Republik Indonesia setempat”.

Buat kalian yang universitas dan program studinya telah terdaftar pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri bersyukurlah karena kalian bisa melakukan penyetaraan lebih mudah dan bisa skip part ini. Tapi jika belum terdaftar maka SELAMAT! Kalian adalah pembuka jalan untuk adik kelas kalian nantinya J

Untuk melihat apakah universitas dan program studi kalian sudah terdaftar pada sistem atau belum kalian bisa cek di sini https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/pencarian/pencarian-pt.html

Saya adalah lulusan Ege University Izmir-Turki jurusan economics. Sebenarnya saya sudah mempunyai senior dari Indonesia yang lulus dari Ege University dan telah melakukan penyetaraan ijazahnya di Indonesia tetapi sayangnya program studi saya belum terdaftar. Jadi walaupun Universitas saya sudah terdaftar saya tetap wajib mendaftarkan program studi saya terlebih dahulu a.k.a saya adalah orang Indonesia pertama yang lulus dari jurusan economics Ege University.  Untuk mendaftarkan program studi saya tersebut pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri saya memerlukan bukti akreditasi Program Studi atau bisa melampirkan surat rekomendasi dari KBRI.

Waktu itu saya memilih untuk melampirkan surat rekomendasi dari KBRI Ankara, untuk mendapatkan surat rekomendasi dari KBRI Ankara saya melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini:

  1. Türkiye Cumhuriyeti Millî Eğitim Bakanlığı /MEB/Kementerian Pendidikan Nasional Turki

Langkah pertama adalah saya pergi ke MEB yang berlokasi di Ankara untuk melegalisir/mengesahkan/ meminta cap basah dari mereka. Waktu itu saya membawa Ijazah dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau suplemen diploma untuk disahkan (beberapa orang hanya men sahkan ijazahnya saja_tidak masalah). Di sini semuanya gratis.

  1. Türkiye Cumhuriyeti Dışişleri Bakanlığı /Kementerian Luar Negeri

Langkah kedua saya pergi ke Kementerian Luar Negeri Turki di Ankara. Di sini saya kembali mengesahkan Ijazah dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau suplemen diploma. Nah, ini juga optional sih kalian mau mengesahkan ijazahnya saja atau dengan suplemen diploma. Waktu itu biaya untuk pengesahan satu dokumen adalah TRY 54,40. Karena saya mengesahkan dua dokumen maka saya membayar TRY 108,80.

  1. KBRI Ankara

Kemudian saya lanjut menuju KBRI Ankara, di sini persyaratan yang diperlukan adalah adalah:

·         KTP

·         Ikamet

·         Paspor halaman identitas dan halaman belakang

·         Ijazah

·         Diploma Supplement

·         Transkrip Kelulusan

Berkas di atas dibawa dalam bentuk asli dan fotokopi jelas masing-masing 2 rangkap. Kalau saya tidak salah ingat di sini prosesnya gratis dan langsung jadi dalam beberapa saat.

Semua proses di atas saya lakukan dalam waktu satu hari dari pagi. Setelah itu kita akan mendapatkan surat keterangan akreditasi dari KBRI Ankara, surat ini kita pergunakan untuk mendaftarkan program studi kita pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri. Sebelumnya kalian harus login dulu atau buat akun di https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/login.html setelah kalian memiliki akun lalu login > Layanan > Usulkan Program Studi

Di sini kalian cukup mengupload surat akreditasi prodi dan ijazah saja kemudian menunggu usulan kalian diterima. Setelah diterima kalian bisa melanjutkan proses penyetaran ijazah dengan cara login > Layanan > Penyetaran Ijazah

 

  1. Di Indonesia

Persyaratan Penyetaraan Ijazah seperti pada Poster di atas ya.

1.       Buat akun atau login di https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/login.html

2.       Klik Layanan > Penyetaraan Ijazah

3.       Isi Form Pendaftaran

4.       Dokumen yang saya upload

·         KTP

·         Foto latar belakang merah

·         Ijazah (dalam bahasa Inggris)

·         Scan Passport, Visa studi dan Residnece permit (semua halaman passport discan_SEMUANYA_termasuk halaman kosongnya juga) *saya scan pakai hp

·         Transkrip

·         Ijazah jejang sebelumnya

·         Tesis /Disertasi / Final Project

·         Dokumen yang memuat informasi kurikulum/program studi/katalog

5.       Setelah semua form terisi lengkap dan persyaratan telah diupload maka kita bisa mensubmit nya. Kemudian langkah selanjutnya adalah memantau progress pengajuan penyetaraan, kita bisa memantaunya pada sistem dengan terlebih dahulu login.

6.       Selain lewat sistem, semua progress juga diinformasikan via email. Tim akan memberikan arahan jika ada persyaratan yang kurang lengkap melalui email atau sistem. Waktu itu pada pengajuan pertama, saya mendapatkan email bahwa proses penyetaraan ijazah saya ditunda karena ada hal yang perlu saya perbaiki.

7.       Jika tidak ada masalah maka admin akan menghubungi kita via email dan memberitahukan bahwa SK kita sudah siap diambil.

8.       Untuk pengambilan bisa diambil sendiri atau diwakilkan dengan menggunakan surat kuasa.

9.       Sebelum mengambil kita perlu untuk login kemudian cetak bukti pengambilan pada menu pengambilan. Di sini kita juga harus memilih hari pengambilan. Perlu diketahui bahwa kita diwajibkan untuk membawa foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar untuk ditempelkan di SK penyetaraan ijazah pada saat pengambilan SK.

10.   SK Penyetaraan tidak boleh dibiarkan  dalam waktu 3 (tiga) bulan setelah penerbitan, usahakan segera diambil.

11.   Waktu itu saya mewakilkan pengambila SK kepada teman saya berikut berkas yang saya berikan pada teman saya untuk pengambilan SK penyetaraan ijazah :

·         Surat Kuasa Bermaterai 6000

·         Foto 3x4 2 lembar

·         Fotocopy KTP (Kedua Pihak)_Teman saya wajib membawa KTP asli

·         Bukti pengambilan

Komentar

  1. Misi kak boleh nanya nanya mengenai beasiswa s1 di Turki gak ya. Apakah kakak ada ig atau facebook untuk saya bertanya?
    Makasih banyak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK