Penyetaraan Ijazah Luar Negeri
Merhaba Arkadaşlar… Hallo sobat ambyar….
Kali ini saya mau sharing tentang proses penyetaraan ijazah luar negeri, ini semua murni berdasarkan pengalaman pribadi. Saya menyetarakan Ijazah pada bulan September 2019 melalui KEMENRISTEKDIKTI via online pada link http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/
tetapi
barusan saya cek ternyata sekarang dipindah ke KEMENDIKBUD pada link https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
Persyaratan
Penyetaran Ijazah bisa dilihat pada poster dibawah ini:
sumber: https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/tata-cara.html |
Sumber: https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/tata-cara.html |
- Di Turki (Jika kalian bukan dari lulusan
Turki bisa skip saja part ini tapi kalau mau baca juga boleh siapa
tahu bermanfaat)
Pada sistem
penyetaraan ijazah luar negeri terdapat syarat berikut “ Perguruan tinggi
dan/atau program studi yang belum terdaftar pada sistem penyetaraan ijazah luar
negeri wajib melampirkan bukti akreditasi atau bukti pengakuan terhadap
perguruan tinggi dan/atau program studi tersebut dari pemerintah setempat atau
surat keterangan dari Kantor Perwakilan Republik Indonesia setempat”.
Buat kalian
yang universitas dan program studinya telah terdaftar pada sistem penyetaraan
ijazah luar negeri bersyukurlah karena kalian bisa melakukan penyetaraan lebih
mudah dan bisa skip part ini. Tapi jika belum terdaftar maka SELAMAT!
Kalian adalah pembuka jalan untuk adik kelas kalian nantinya J
Untuk
melihat apakah universitas dan program studi kalian sudah terdaftar pada sistem
atau belum kalian bisa cek di sini
https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/pencarian/pencarian-pt.html
Saya adalah
lulusan Ege University Izmir-Turki jurusan economics. Sebenarnya saya
sudah mempunyai senior dari Indonesia yang lulus dari Ege University dan telah
melakukan penyetaraan ijazahnya di Indonesia tetapi sayangnya program studi
saya belum terdaftar. Jadi walaupun Universitas saya sudah terdaftar saya tetap
wajib mendaftarkan program studi saya terlebih dahulu a.k.a saya adalah orang
Indonesia pertama yang lulus dari jurusan economics Ege University. Untuk mendaftarkan program studi saya tersebut
pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri saya memerlukan bukti akreditasi Program Studi atau bisa
melampirkan surat rekomendasi dari KBRI.
Waktu itu saya
memilih untuk melampirkan surat rekomendasi dari KBRI Ankara, untuk mendapatkan
surat rekomendasi dari KBRI Ankara saya melakukan langkah-langkah seperti
dibawah ini:
- Türkiye Cumhuriyeti Millî
Eğitim Bakanlığı /MEB/Kementerian Pendidikan Nasional Turki
Langkah pertama adalah saya pergi ke MEB yang
berlokasi di Ankara untuk melegalisir/mengesahkan/ meminta cap basah dari
mereka. Waktu itu saya membawa Ijazah dan Surat Keterangan
Pendamping Ijazah (SKPI) atau suplemen diploma
untuk disahkan (beberapa orang hanya men sahkan ijazahnya saja_tidak masalah).
Di sini semuanya gratis.
- Türkiye Cumhuriyeti Dışişleri Bakanlığı
/Kementerian Luar Negeri
Langkah kedua saya pergi ke Kementerian Luar
Negeri Turki di Ankara. Di sini saya kembali mengesahkan Ijazah dan Surat
Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau suplemen diploma.
Nah, ini juga optional sih kalian mau mengesahkan ijazahnya saja atau dengan
suplemen diploma. Waktu itu biaya untuk pengesahan satu dokumen adalah TRY
54,40. Karena saya mengesahkan dua dokumen maka saya membayar TRY 108,80.
- KBRI Ankara
Kemudian saya lanjut menuju KBRI
Ankara, di sini persyaratan yang diperlukan adalah adalah:
·
KTP
·
Ikamet
·
Paspor halaman identitas
dan halaman belakang
·
Ijazah
·
Diploma Supplement
·
Transkrip Kelulusan
Berkas di atas dibawa dalam
bentuk asli dan fotokopi jelas masing-masing 2 rangkap. Kalau saya tidak salah
ingat di sini prosesnya gratis dan langsung jadi dalam beberapa saat.
Semua proses di atas saya lakukan
dalam waktu satu hari dari pagi. Setelah itu kita akan mendapatkan surat
keterangan akreditasi dari KBRI Ankara, surat ini kita pergunakan untuk
mendaftarkan program studi kita pada sistem penyetaraan ijazah luar negeri.
Sebelumnya kalian harus login dulu atau buat akun di https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/login.html
setelah kalian memiliki akun lalu login > Layanan > Usulkan Program Studi
Di sini kalian cukup mengupload
surat akreditasi prodi dan ijazah saja kemudian menunggu usulan kalian
diterima. Setelah diterima kalian bisa melanjutkan proses penyetaran ijazah
dengan cara login > Layanan > Penyetaran Ijazah
- Di Indonesia
Persyaratan Penyetaraan Ijazah
seperti pada Poster di atas ya.
1.
Buat akun atau login di https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/site/login.html
2.
Klik Layanan >
Penyetaraan Ijazah
3.
Isi Form Pendaftaran
4.
Dokumen yang saya upload
·
KTP
·
Foto latar belakang merah
·
Ijazah (dalam bahasa Inggris)
·
Scan Passport, Visa studi dan Residnece permit
(semua halaman passport discan_SEMUANYA_termasuk halaman kosongnya juga) *saya
scan pakai hp
·
Transkrip
·
Ijazah jejang sebelumnya
·
Tesis /Disertasi / Final Project
·
Dokumen yang memuat informasi kurikulum/program
studi/katalog
5.
Setelah semua form terisi lengkap dan
persyaratan telah diupload maka kita bisa mensubmit nya. Kemudian langkah
selanjutnya adalah memantau progress pengajuan penyetaraan, kita bisa
memantaunya pada sistem dengan terlebih dahulu login.
6.
Selain lewat sistem, semua progress juga
diinformasikan via email. Tim akan memberikan arahan jika ada persyaratan yang
kurang lengkap melalui email atau sistem. Waktu itu pada pengajuan pertama,
saya mendapatkan email bahwa proses penyetaraan ijazah saya ditunda karena ada
hal yang perlu saya perbaiki.
7.
Jika tidak ada masalah maka admin akan
menghubungi kita via email dan memberitahukan bahwa SK kita sudah siap diambil.
8.
Untuk pengambilan bisa diambil sendiri atau
diwakilkan dengan menggunakan surat kuasa.
9.
Sebelum mengambil kita perlu untuk login
kemudian cetak bukti pengambilan pada menu pengambilan. Di sini kita juga harus
memilih hari pengambilan. Perlu diketahui bahwa kita diwajibkan untuk membawa
foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar untuk ditempelkan di SK penyetaraan
ijazah pada saat pengambilan SK.
10.
SK Penyetaraan tidak boleh dibiarkan dalam waktu 3 (tiga) bulan setelah penerbitan,
usahakan segera diambil.
11.
Waktu itu saya mewakilkan pengambila SK kepada
teman saya berikut berkas yang saya berikan pada teman saya untuk pengambilan
SK penyetaraan ijazah :
·
Surat Kuasa Bermaterai 6000
·
Foto 3x4 2 lembar
·
Fotocopy KTP (Kedua Pihak)_Teman saya wajib
membawa KTP asli
·
Bukti pengambilan
Misi kak boleh nanya nanya mengenai beasiswa s1 di Turki gak ya. Apakah kakak ada ig atau facebook untuk saya bertanya?
BalasHapusMakasih banyak