Pengalaman Tes TOEFL ITP

   

    Sabtu, 20 Januari 2024 adalah kali pertama saya mencoba mengambil tes TOEFL ITP yang paper based. Saya mengambil tesnya di NEC (National English Centre) Jakarta Timur dengan biaya Rp 585.00, tes berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. sebelum tes dimulai semua peserta melakukan verifikasi identitas di meja resepsionis kemudian saat mendekati pukul 09.00 semua peserta dipanggil satu-satu dan diarahkan menuju kelas di lantai 2. Di dalam kelas ada satu orang yang mendampingi dan memberikan arahan tentang prosedur ujian yang akan kita laksanakan. Tes dimulai dengan Listening 50 soal selama kurang lebih setengah jam lalu dilanjutkan dengan Structure and Written Expression 40 soal selama 25 menit dan terakhir adalah reading sebanyak 50 soal dalam waktu 55 menit. Pendamping akan mengingatkan waktu ketika tinggal 10 menit, 5 menit dan 1 menit lagi tersisa.

    Sebelum Listening dimulai peserta yang ingin ke toilet dipersilakan untuk ke toilet terlebih dahulu karena setelah tes dimuali peserta tidak diijinkan untuk keluar ruangan. Saya mengambil tes ini sebenarnya cukup dadakan akhirnya hanya persiapan sekitar semingguan. 

1. Listening

pada saat mengerjakan part ini harus benar-benar fokus dan belajar merelakan. Jadi, kalau misal ada yang kelewat yaudah biarin aja jawab sebisanya jangan terpaku pada satu soal karena waktu terus berjalan, recording suara listening terus diputar, jangan sampai terpaku pada satu soal sampai membuat soal lain terabaikan dan malah keteteran. Jadi belajar let it go ajalah. Dalam soal listening TOEFL ITP ini kita tidak diberi waktu untuk membaca soal terlebih dahulu jadi benar-benar harus fokus dan berusaha memahami apa yang sedang anda dengar, karena soal kita baca bersamaan dengan kita mendengarkan audio listening.

2. Structure and Written Expression

Kalau pada part ini dia terdiri dari dua bagian. bagian pertama adalah sentence completion yaitu melengkapi kalimat dengan kata dan atau frasa, kita harus melengkapi dengan pilihan ganda yang telah tersedia agar kalimatnya menjadi benar secara gramatikal. Bagian kedua adalah error identification yaitu ada kalimat kemudian terdapat kata atau kelompok kata yang digarisbawahi dan kita diminta untuk mengidentifikasi bagian mana yang tidak tepat secara gramatikal. Dan inget waktu pengerjaan soal hanya 25 menit untuk 40 soal. Jadi alokasikan waktu kurang lebih 30an detik untuk tiap soalnya. kalau masih ragu tinggalkan dulu aja tapi jangan lupa buat melengkapi di akhir waktu. Oh iya, untuk bagian ini saya banyak terbantu dengan belajar di channel youtubenya Andrian Permadi.

3. Reading 

Bagian ini tentu saja anda harus membaca cepat dan memahami isi readingnya. kalau saya waktu itu langsung saja baca soalnya terlebih dahulu baru mencari jawabannya di teks. baca cepat saja, alokasikan waktu maksimal 1 menit untuk menjawab tiap soalnya. 

    Kemarin saya mengambil paper based test jadi agak PR banget harus mengisi jawaban pada lembar jawaban dengan pensil. mungkin akan lebih mudah jika kita mengambil yang versi onlinenya ya. waktu itu saya memilih paper based karena dengan pertimbangan kalau mengambil online dan harus mengerjakan di tempat masing-masing akan dimungkinkan sekali gangguan koneksi mengingat tempat saya suka tiba-tiba down internetnya, haha. 

    Hasil tes keluar dalam waktu kurang lebih 7 hari kerja. pihak NEC akan menginfokan lewat WA untuk jadwal pengambilan sertifikatnya di kantor. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Pembuatan SKCK untuk Visa Studi ke Luar Negeri

Naskah Drama Bahasa Arab

Penyetaraan ijazah Luar Negeri DITOLAK